bisnis emas perhiasan

Bisnis emas Perhiasan

Apa yang terbesit dipikiran anda ketika mendengar kata emas perhiasan atau perhiasan emas? Apa bedanya dengan emas batangan?. Berikut penjelasannya. Emas yang telah dicampur dengan logam tertentu kemudian dibentuk menjadi suatu cincin, kalung, anting dan lain sebagainya itu adalah emas perhiasan. Emas perhiasan banyak ditemukan di toko-toko emas yang berada disekitar kita. Emas perhiasan adalah emas yang paling banyak dicari oleh kaum hawa atau ibu-ibu yang biasa digunakan untuk mempercantik penampilan. Emas jenis ini tidak dapat dikategorikan sebagai investasi. Mengapa demikian? Pada saat kita membeli emas perhiasan di toko emas biasanya penjual membebankan biaya pembuatan emas pada pembeli dengan kisaran harga yang bervariasi tergantung jenis perhiasannya. Sedangkan pada suatu ketika apabila kita menjual kembali emas tersebut biasanya toko emas tersebut tidak memperhitungkan kembali biaya pembuatan perhiasan emas tersebut sehingga cenderung nilai penjualan emas tersebut tidak bertambah secara signifikan bahkan turun. Untuk investasi memang lebih baik membeli emas batangan. Sedangkan emas perhiasannya cocok untuk dipakai saja. Jadi sebelum membeli emas, pertimbangkan baik-baik apakah hanya untuk dipakai atau untuk investasi.

Beberapa faktor yang sangat perlu di perhatikan saat membeli bisnis emas perhiasan /perhiasan emas adalah bentuk atau modelnya. Apabila model perhiasan emasnya biasa-biasa saja atau polos maka ada kemungkinan ditolak oleh toko emas. Kalaupun dibeli harga emas tersebut membuat kita akan mengurungkan niat untuk menjualnya. Biasanya toko emas sangat menyukai model perhiasan emas yang trendy biar mudah dijual kembali. Maka pada saat membeli bisnis emas perhiasan perhatikan model yang kemungkinan beberapa tahun mendatang masih akan terkenal. Agar nilai perhiasan emas anda tetap tinggi pastikan tidak ada goresan atau pudar warna perhiasan anda. Karena apabila terdapat cacat sedikit saja pada perhiasan tersebut maka bisa menyebabkan penurunan nilainya.

Jenis-jenis emas perhiasan

Secara global bisnis emas perhiasan/perhiasan emas dibagi menjadi tiga, yaitu perhiasan emas buatan pabrik, perhiasan emas buatan tangan serta perhiasan emas pesanan khusus. Berikut penjelasan ketiga jenis emas perhiasan tersebut.

  1. Perhiasan emas buatan pabrik. Emas perhiasan yang dibuat pabrik biasanya diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan banyak model. Emas ini bisa kita jumpai di toko-toko emas yang ada disekitar kita.
  2. Selanjutnya perhiasan emas buatan tangan. Perhiasan emas buatan tangan adalah perhiasan yang dibuat oleh pengrajin emas. Karena jumlahnya yang terbatas nilainya cukup mahal sesuai dengan model dan tingkat kesulitan perhiasan emas tersebut
  3. Sedangkan perhiasan emas pesanan khusus adalah emas yang dibuat berdasarkan permintaan pelanggan tententu. Harganya bisa sangat mahal karena jumlahnya sangat terbatas serta mempunyai nilai seni yang sangat tinggi.

Cara menyimpan emas perhiasan

Emas perhiasan merupakan barang berharga yang harus disimpan ditempat yang aman. Apabila jumlahnya tidak terlalu banyak biasanya cukup disimpan di lemari atau dikotak yang terkunci. Namun apabila jumlahnya bisnis emas anda cukup banyak, anda bisa menyimpannya di dalam brangkas baja atau yang lebih aman lagi menyimpannya di Safe Deposit Box yang disediakan oleh Perbankan.

Tips membeli emas perhiasan

  1. Sebelum membeli emas pastikan anda untuk memantau kurs harga emas sekarang. Untuk mendapatkan informasi mengenai kurs harga emas sekarang anda dapat menghubungi PT. pegadaian, PT. Logam Mulia atau bertanya langsung pada toko-toko yang menjual emas
  2. Pastikan emas perhiasan yang anda beli dalam kondisi bagus. Sebelum memutuskan untuk membeli bisnis emas perhiasan/ perhiasan emas pastikan bahwa emas tersebut benar-benar mulus dari goresan serta bersih dari segala macam jamur yang menempel . karena biasanya emas yang tidak bersih masih menempel zat-zat kimia yang bisa menimbulkan alergi. Apabila emasnya tidak mulus maka dapat mengakibatkan penurunan harga pada saat dijual kembali
  3. Bertanyalah akan kadar emasnya. Sebagai informasi kadar kemurnian emas di toko-toko emas yang ada di Indonesia biasanya adalah, emas 24 karat (90 persen komposisi emas), emas 23 karat (70 persen komposisi emas) sedangkan emas 22 karat (40 persen komposisi emas)
  4. Nota pembelian emas, hendaknya disimpan. Hal ini berguna apabila pada suatu saat nanti ketika kita menjual kembali emas perhiasan tersebut akan lebih mudah bagi penjualnya untuk menentukan kadar kemurnian emas kita. Apabila pada saat menjual tidak disertai dengan nota pembelian maka akan susah bagi penjual untuk menaksir kadar kemurnian bisnis emas perhiasan tersebut. Karena tidak semua penjual dapat menghitung kadar kemurnian emas. Untuk lebih mudahnya, jual kembali emas perhiasan di tempat pertama anda membeli perhiasan emas tersebut.

Kesimpulannya adalah, bisnis emas perhiasan tidak dapat dikategorikan sebagai suatu investasi karena fungsinya lebih kepada mempercantik diri, khususnya kaum hawa. Jika ingin berinvestasi, belilah emas batangan karena menjanjikan keuntungan yang lebih signifikan. Sekian info tentang emas perhiasan. Semoga bermanfaat. Selamat berbisnis emas perhiasan

 

 

 

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap