kapan waktu yang tepat menjual emas

Kapan Waktu Yang Tepat Menjual Emas?

Dari zamannya nabi Muhammad sampai sekarang, nilai emas cenderung mengalami peningkatan atau kenaikan. Yang menjadi pertanyaan adalah, sampai kapan harga emas akan naik dan sampai pada level harga berapa emas akan berhenti naik? Pertanyaan selanjutnya, pada pada harga berapa sebaiknya kita menjual emas, serta kapan saat yang tepat menjual emas yang dimilki ? jawabannya, tak akan ada saat yang tepat untuk menjual emas. Satu – satunya alasan kita dalam menjual emas yaitu pada saat kita memerlukan dana berupa uang untuk keperluan yang mendesak seperti kebutuhan pendidikan, pengobatan atau membutuhkan tambahan modal untuk usaha. Setelah kebutuhan – kebutuhan tersebut terpenuhi, disarankan kembali menginvestasikan dana kita ke emas karena emas memiliki kelebihan – kelebihan yang tidak dipunyai oleh jenis investasi yang lain.

Berinvestasi dalam bentuk selain emas, biasanya memiliki resiko yang lebih tinggi, walaupun return yang didapatkan juga cukup besar. berinvestasi pada saham, reksadana, Surat Utang Negara (SUN), jika tidak dilakukan dengan perhitungan yang matang bisa menyebabkan kerugian yang tidak terkira. Tidak demikian dengan emas yang selalu naik tiap tahunnya, walupun beberapa kali mengalami penurunan namun dalam jangka panjang nilainya selalu meningkat. Bahkan investasi pada property yang dibilang aman, bisa jadi juga bermasalah, misalnya kasus subrime mortagage di Amerika yang menyebabkan kekacauan ekonomi dunia.

 

 Tipe – Tipe Pembeli dan Penjual Emas

Kapan saat yang tepat untuk membeli emas untuk investasi? Kapan saat yang tepat untuk menjual emas agar memperoleh keuntungan? Kapan saat yang tepat untuk membeli dan saat yang tepat untuk menjual tergantung dari motivasi awal pada saat ingin berinvestasi emas. Apakah kita motivasi kita hanya ingin menjadi kolektor emas, investor atau pun trader emas, berikut penjelasannya :

  1. Tipe Investor emas. Sebagai seorang investor emas, biasanya akan membeli emas pada saat ada dananya, dan dilakukan pada saat itu juga. Para investor emas ini biasanya menyimpan emas dalam jangka waktu mengah sampai lama. Karena menurut mereka dalam jangka waktu tersebut nilai emas selalu akan mengalami kenaikan yang cukup menguntungkan. Kapan saat yang tepat untuk menjual emas bagi investor emas ? adalah saat mereka membutuhkan dana segar baik untuk keperluan atau kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan usaha.

  2. Tipe trader emas. Para trader emas biasanya melakukan pemantauan pergerakan harga emas dari waktu ke waktu untuk mendapatkan harga yang terbaik saat pembelian dan saat penjualan. Trader emas menginvestasikan emasnya dalam jangka waktu yang pendek. Saat yang tepat untuk membeli emas bagi trader yaitu ketika harga emas turun, dan menjual pada saat emas mengalami kenaikan. Akan tetapi untuk menjadi seorang trader diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus dibidang investasi. karena jika tidak memilki keahlian maka salah perhitungan, akan menyebabkan kerugian yang besar. menjadi seorang trader sangat besar resikonya, namun keuntungan juga bisa sangat besar didapatkan dalam jangka waktu yang pendek.
  3. Tipe kolektor emas. Sebagai kolektor emas biasanya memiliki kecenderungan untuk mengumpulkan emas jenis – jenis tertentu, seperti emas perhiasan yang unik ataupun emas edisi terbatas serta hanya ikut – ikutan trend yang ada. Misalnya lagi ngetrend emas batangan maka ikutan beli emas batangan, besoknya lagi emas dinar lagi ngetrend, kembali membeli lagi emas dinar. Tipe yang ini biasanya tidak terlalu memperhatikan harga emas.

Dengan kondisi harga emas yang ada sekarang, apa keputusan yang tepat bagi anda? Melakukan pembelian emas atau melakukan penjual emas. Kapan saat yang tepat membeli emas/ dan Kapan saat yang tepat menjual emas? Hal itu kembali lagi tergantung pada pilihan anda apakah ingin menjadi investor emas, trader emas atau hanya kolektor emas. Bijaklah melakukan pilihan dalam berinvestasi. Selamat mencoba. Baca juga artikel mengenai cara untuk membeli emas antam dan cara berinvestasi emas yang aman sehingga terhindar dari perusahaan investasi emas bodong.

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap