kelemahan investasi emas

Apa Saja Kelemahan dalam Investasi Emas ?

Hati siapa saja akan terpikat, apabila melihat kilau kemilau warna emas. Emas memang mempunyai daya tarik tersendiri. Emas sempat dijadikan sebagai alat pembayaran di seluruh dunia pada zaman dahulu. Sekarang emas memang tidak digunakan lagi sebagai alat pembayaran yang sah, akan tetapi kilaunya tetap bersinar terang, dan nilainya tidak pernah berkurang seiring perkembangan zaman. Bisnis emas adalah bisnis yang tidak akan pernah padam. 

Emas sekarang digunakan mayoritas masyarakat sebagai salah satu pilihan investasi. Investasi dalam bentuk emas bisa dalam berbagi macam, mulai dengan emas perhiasan, emas batangan, emas dinar, tabungan emas untuk naik haji, tabungan emas untuk pendidikan dan lainnya. melakukan investasi emas banyak sekali manfaatnya, diantanya adalah emas bebas inflasi, mempunyai sifat yang liquid (mudah dicairkan), bebas pajak serta sebagai sarana untuk lindung nilai kekayaan. Masing-masing bentuk investasi, baik investasi emas, saham, reksadana, property mempunyai kelebihan sekaligus juga mempunyai beberapa kelemahan atau kekurangan. Tak terkecuali investasi emas, dengan banyak kelebihan investasi emas, juga terdapat beberapa kekurangan atau kelemahan investasi emas.

Beberapa Kelemahan Dalam Investasi Emas (Logam Mulia)

  1. Resiko kehilangan cukup tinggi. Dengan sifat emas yang bisa dengan mudah di pindah tangankan, membuat investasi ini rawan pencurian atau perampokan. Apabila jumlah emas anda hanya beberapa gram saja, maka cukup memanfaatkan lemari atau laci khusus untuk media penyimpanannya. Akan tetapi apabila anda berinvestasi emas dalam jumlah yang banyak maka harus diperhatikan faktor keamanan penyimpanannya. Misalnya menggunakan brangkas yang tahan terhadap api, bencana serta anti maling. Dengan menggunakan brangkas, investasi emas anda akan aman, karena brangkas memilki kode yang tidak bisa dibuka oleh siapa saja. Atau solusi yang paling aman menggunakan layanan perbankan , berupa penyewaan  Safe Deposit Box. Banyak perbankan sekarang menyediakan layanan ini, dengan persayaratan mudah, anda dapat menyewa Safe Deposit Box dengan biaya administrasi pertahun sesuai dengan ketentuan bank masing – masing. Sekarang juga telah muncul banyak bank - bank syariah menawarkan produk emas dengan berbagai macam bentuk layanan.
  2. Harga emas selalu berubah-ubah atau fluktuatif. Harga emas memang sering berubah-ubah. Kadang mengalami penurunan tapi sering juga mengalami peningkatan harga. Cepatnya perubahan harga emas sedikit mempersulit kita untuk menghitung nilai investasi kita dimasa sekarang. Seperti kita ketahui di pertengahan tahun 2013 ini, nilai emas mengalami penuruna yang siginifikan. Akan tetapi menurut beberapa analisis, nilai emas masih ada kemungkinan untuk naik kembali.
  3. Sangat kecil dampaknya kepada ekonomi riil. Berbeda dengan investasi pada saham, dimana dana dari penjualan saham tersebut bisa langsung digunakan perusahaan untuk menggerakan roda perusahaan, yang pasti berdampak secara langsung pada sektor riil. Pada investasi emas, berapapun banyaknya emas yang anda investasikan tidak  akan secara otomatis berdampak pada sector riil.
  4. Kelemahan investasi emas lainnya yaitu, emas tidak cocok untuk para investor yang ingin berinvestasi dalam waktu yang singkat. Karena dalam waktu yang pendek keuntungan yang didapatkan sangat kecil selisihnya  bahkan mungkin tidak ada perbedaan antara harga pada saat pertama membeli dan menjual. Beda halnya jika berinvestasi di saham, dalam waktu singkat dapat memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat namun juga mengandung resiko yang sangat tinggi.
  5. Harga atau nilai emas akan cenderung melambat pada kondisi ekonomi yang stabil. Akan tetapi apabila  terjadi kondisi keuangan atau moneter tidak menentu maka nilai emas akan mengalami kenaikan yang signifikan, karena para investor akan beramai-ramai berinvetasi pada emas, karena emas merupakan salah satu instrument investasi yang aman serta tahan terhadap segala macam gejolak krisis keuangan.

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Berinvestasi Emas

Selain telah mengetahui beberapa keuntungan investasi emas serta kelemahan investasi emas, berikut beberapa hal yang perlu diketahui dalam berinvestasi atau bisnis emas :

  1. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, idealnya waktu yang paling minim dalam berinvestasi adalah 1 (satu) tahun. apabila kurang dari 1 (satu) tahun maka tidak banyak keuntungan yang didapatkan atau perbedaan nilai jual dengan nilai pertama kali kita membeli sangat tipis. Jika ingin memperoleh keuntungan lebih maka lebih baik emas kita di investasikan dalam waktu yang lebih lama lagi, bisa 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun. bahkan 10 tahun. dipastikan keuntungan yang dipastikan menjadi lebih besar.
  2. Semakin besar emas yang kita investasikan maka semakin besar pula keuntungannya. Sangat direkomendasikan jika kita ingan mendapatkan keuntungan yang maksimal maka idelanya berinvestasi pada emas 100 gram, namun jika tidak mempunyai dana lebih tidaka ada salahnya mencoba berinvestasi pada emas yang mempunayi berat 50 gram atau 25 gram.

Dalam dunia ini, kadang ada yang menguntungkan tidak jarang juga merugikan, begitu juga dalam bisnis emas atau investasi emas. Banyak yang mereguk keuntungan investasi emas, tapi banyak juga yang mengalami namanya kerugian. oleh karena itu sebelum memutuskan berinvestasi dalam suatu instrument investasi, pelajari kembali keuntungan serta kerugiannnya agar tidak menyesal dikemudian hari. Apabila kita ingin berinvestasi emas, pelajari dulu kelebihan emas serta kelemahan dalam investasi emas. Jadi, tetaplah bijak dan pintar dalam berinvestasi. Selamat berusaha, semoga sukses. Baca juga artikel yang membahas mengenai mengapa emas mengalami penurunan nilai pada tahun 2013.

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

dunia investasi
25-12-2013
Mantap artikelnya gan, lumayan buat nambah wawasan...


[1]


Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap