mencicil emas di pegadaian

Cara Mencicil Emas di Pegadaian

Jika melihat trend penurunan harga emas pada saat sekarang, mungkin ini merupakan salah satu waktu yang tepat bagi anda yang ingin beinvestasi pada emas. Biasanya bagi yang ingin beinvestasi emas harus datang langsung ke Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia di Jl. Pemuda, Jl. Raya Bekasi Pulogadung Jakarta, maka sekarang ada pilihan yang lebih mudah yakni membeli atau mencicil emas di pegadaian.

Pegadaian yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menawarkan salah satu program berupa tabungan atau kepemilikan emas secara mencicil. Bagi nasabah yang berminat untuk mencicil emas, pegadaian menawarkan emas produk sendiri dan produksi antam dari berat 5 gr, 10 gr,25 gr, 50 gr, 100 gr, 250 gr sampai dengan 1 kg. uang muka yang ditetapkan pegadaian untuk mencicil emas sebesar 20 % dengan jangka waktu cicilan mulai dari 1 bulan sampai dengan 36 bulan.

Tips Membeli/ Mencicil Emas di Pegadaian

Berikut beberapa tips yang yang harus diketahui sebelum melakukan pembelian atau mencicil emas di pegadaian, diantaranya :

  1. Sebelum menuju ke pegadaian untuk membeli atau mencicil emas di pegadaian tidak ada salahnya bagi anda untuk melakukan survey harga emas. Harga emas yang terbaru dapat anda ketahui dengan mengakses situs PT. Antam, di www.logammulia.com. Harga yang ditetapkan oleh pegadaian biasanya lebih tinggi sekitar 3 % dari  harga emas yang ditetapkan oleh PT. Antam. Perbedaan harga ini terjadi karena pegadaian membeli emas langsung dari PT. Antam, sehingga timbul biaya lain – lain yang harus dibebankan pada emas tersebut. untuk lebih jelasnya dapat membaca cara membeli logam mulia PT. Antam.
  2. Sesuaikanlah keuangan anda dengan berat emas yang akan anda pilih. Pilhan emas yang ada di pegadaian mulai dari berat 5 gr, 10 gr,25 gr, 50 gr, 100 gr, 250 gr sampai dengan 1 kg.
  3. Siapkan persyaratan – persyaratan untuk membeli atau mencicil emas di pegadaian, diantaranya, fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau kartu identitas lainnya yang masih berlaku, fotokopi kartu keluarga, mengisi formulir aplikasi program investasi emas, lalu anda akan diminta untuk menyerahkan Down Payment atau uang muka untuk cicilan emas, selanjutnya tandatangani akad perjanjian membeli atau mencicil emas. Isilah data diri pada formulir dengan lengkap dan benar.
  4. Selain menyiapkan dana untuk biasa administrasi, bagi yang ingin mencicil emas di pegadaian jangan lupa untuk menyiapkan Down Payment atau muka sekitar 20% sampai dengan 30 %.
  5. Agar emas tersebut masih memilki keuntungan yang cukup pada saat dijual nantinya, pilihlah jangka waktu cicilan yang tidak terlalu lama. Karena semakin lama jangka waktu yang pilih untuk mencicil emas, maka semakin mahal harga emas cicilan tersebut.
  6. Selama masa cicilan, jika konsumen tidak membayar tepat waktu maka akan dikenakan denda. Emas tersebut akan dilelang jika konsumen tidak membayar cicilan atau sudah melewati waktunya. Uang hasil lelang akan dipotong sebesar 2 % dan denda atau kewajiban nasabah, nasabah akan menerima selisihnya.
  7. Jika anda melakukan pembelian emas secara tunai, maka dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan kemudian baru emas akan kita terima.
  8. Emas yang telah kita cicil untuk sementara waktu akan disimpan oleh pihak pegadaian. Nanti kita akan mendapatkan sertifikat sementara. Jika cicilannya telah lunas maka kita akan menerima emas beserta sertifikatnya. Untuk lebih jelas tentang emas dan sertifikatemas dan sertifikat, baca kembali artikel kami yang membahas tentang Cara Mengecek Keaslian Sertifikat Logam Mulia Antam.

Beberapa Keuntungan Investasi Emas Di Pegadaian

  1. Pembelian emas di pegadaian bisa dilakukan secara tunai dan kredit. Jika dilakukan tunai maka sekitar 2 minggu kita akan menerima emas beserta sertifikatnya. Jika dilakukan secara kredit maka emas dan sertifikatnya akan diterima setalah melunasi cicilan.
  2. Pegadaian merupakan lembaga resmi dan merupakan perusahaan yang punya kredibiitas yang sangat baik dalam hal transaksi atau investasi emas. Oleh karena itu lakukanlah transaksi untuk investasi emas anda hanya pada perusahaan yang telah terbukti dan teruji legalitasnya untuk menghindari terjadinya penipuan dalam berinvestasi emas .
  3. Emas yang dijual atau yang dicicilkan oleh PT. Pegadaian memilki sertifikat resmi dari PT. Antam. Sekarang, pegadaian juga mengeluarkan produk emas sendiri dengan merek PEGADAIAN.
  4. Tarif yang diterapkan untuk membeli atau mencicil emas oleh pegadaian masih pada taraf yang normal serta prosesnya sederhana. Kurang lebih 10 hingga 20 menit, transaksi sudah bisa selesai.
  5. Jika kita berinvestasi emas, maka dipastikan harganya akan selalu naik dari waktu ke waktu. Sebagai perkiraan nilai emas setiap tahunnya mengalami pengingkatan sebesar 20%.
  6. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan bertansaksi emas di pegadaian yaitu, kepemilikan emas bisa dicicil dari 1 bulan hingga 36 bulan (3 tahun).
  7. Apabila diperlukan untuk kebutuhan mendesak, maka emas tersebut dapat dengan mudah dijual kembali atau digadaikan. Apabila kita mengikuti program cicilan emas di pegadaian, kemudian pada suatu ketika membutuhkan uang untuk keperluan mendesak maka pihak pegadaian akan memberikan besaran atau cicilan yang telah dibayarkan dengan nominal tertentu. Apabila telah memiliki uang maka nasabah bisa melanjutkan program cicilan emas tersebut.
  8. Emas yang tersedia di pegadaian bervariasi ukurannnya dari berat 5 gr, 10 gr,25 gr, 50 gr, 100 gr, 250 gr sampai dengan 1 kg. jadi sebagai konsumen kita memilki berbagai macam pilihan investasi emas sesuai dengan kemampuan keuangan kita pada saat tersebut.
  9. Untuk keamanan investasi emas kita, pihak pegadaian juga menyediakan fasilitas untuk penyimpanan emas, dengan biaya yang terjangkau. Jika kita memiliki emas dalam jumlah yang banyak maka disarankan untk menyimpannya di tempat yang aman, sehingga investasi kita terlindungi. Salah satunya bisa memanfaatkan layanan Safe Deposit Box dari bank – bank atau layanan penyimpanan oleh pegadaian.

Demikian beberapa informasi bagi anda yang ingin membeli atau mencicil emas dipegadaian. Sebenarnya anda bisa membeli emas yang lebih murah di Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia di Jl. Pemuda, Jl. Raya Bekasi Pulogadung Jakarta. Namun untuk mencapai kesana, harus diperhitungkan juga biaya yang akan timbul. Jangan sampai biaya transportasi menjadi lebih mahal daripada nilai emas itu sendiri. Pilihan yang termudah memang membeli emas langsung di pegadaian, karena prosesnya cepat dan tidak perlu antrian yang panjang serta emas yang diperjual belikan oleh pihak pegadaian adalah emas yang kadar kemurniannya sama dengan yang dijual oleh PT. Antam. Karena emas yang dijual oleh pihak pegadaian adalah emas antam.

Akhirnya keputusan untuk membeli kembali kepada kita masing – masing. Sebagai informasi tambahan apabila melakukan pembelian emas merk PEGADAIAN maka pembelian kembali yang ditetapkan oleh Pihak pegadaian sebesar 97 % dari harga pasar, sedangkan emas merk ANTAM, pembelian kembali yang dilakukan oleh pegadaian sebesar 95 % dari harga yang terbaru. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi pegadaian terdekat atau mengakses melalui www.pegadaian.co.id. Selamat berbisnis emas. Baca juga artikel mengenai emas untuk kecantikan dan cara membedakan emas asli dan emas palsu.

 

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

dhani
15-02-2014
Saya mau mencicil emas untuk ultah ibu saya .. gmana caranya ya ??
Admin
bisa langsung ke pegadaian. proses cepat

alea widya
17-12-2013
Paling lmbt mndpt brang nya it brpa lama...
Admin
kurang lebih 1 sampai 2 minggu

ambo enre
14-12-2013
Pegadaian seluruh indonesia, apakah semua sama harga emas yang mereka jual dalam bentuk kredit?
Admin
adanya juga dalam bentuk cah. sebenarnya tujuan dari program mencicil emas yang dikeluarkan oleh pegadaian adalah, agar setiap orang, siapapu itu bisa berinvestasi emas meski dengan modal yang terbatas

wita
21-11-2013
Mengapa ada perbedaan harga pembelian kembali antara emas pegadaian dan emas antam? apakah ada perbedaan kualitas antara keduanya? trims.
Admin
untuk kualitas emas baik antam maupun pegadaian pada dasarnya sama saja, karena sama-sama menggunakan emas murni 24 karat. Untuk perbedaan harga beli, wajar saja jika pegadaian akan memberikan harga beli yang lebih tinggi pada produk emas pegadaian dibandingkan dengan antam karena untuk kepentingan bisnis salah satunya. tentunya pegadain lebih mengharapkan emas buatannya lebih laku dibandingkan dengan emas antam. terima kasih

vicky andriansyah
07-11-2013
Saya asli jember,trus skrang saya tinggal di bangkalan madura.dan tadi saya dari pegadaian mau mencicil emas antam,dan ternyata ditolak krna ktp bukan domisili sini.trus gmn caranya biar saya bisa kredit/ cicil emas dpegdaian

bakti
06-11-2013
Kalau di kalimantan timur,kec.muara badak ada outlet pegadaiankah?

tony
02-10-2013
Pembelian emas di pegadaian mana saja kan, sy tinggal di depokmjd sy bs beli pegadaian cabang pondok duta kan/
Admin
betul sekali mas


[1]


Copyright 2011 bisnisemas1.com
bisnisemas1.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap